Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Diet Sehat Untuk Penderita Maag

Tips Diet Sehat Penderita Maag – Bagi kebanyakan orang utamanya para wanita tentu memiliki tubuh yang langsing dan proporsional adalah satu dambaan yang sangat ingin utnuk diwujudkan. Demi bisa mendapatkan tubuh seperti itu, para wanita seakan rela untuk melakukan apa saja termasuk dengan menjalankan program diet dengan aturan yang sangat ketat. Namun, jangan sembrono! Langkah diet yang sembarang justru akan menjadi boomerang untuk kesehatan tubuh kalian sendiri, lho! Apalagi jika kalian memiliki gangguan pencernaan seperti maag, harusnya lebih dahulu kalian harus mencari informasi tentang tips diet sehat untuk penderita maag yang tepat.

Tips Diet Sehat Untuk Penderita Maag

Diet yang salah untuk penderita maag akan mengakibatkan timbulnya reaksi negatif dalam tubuh, terutama pada organ lambung kalian. Notabene gangguan maag sebenarnya bukanlah sebuah penyakit yang disebabkan oleh serangan virus, kuman, atau yang lainnya. Maag terjadi ketika ada aktivitas kenaikan zat asam pada lambung, sedangkan ini sebenarnya adalah hal yang normal dalam metabolisme tubuh. Hanya saja karena pola hidup yang buruk, intensitas naiknya asam lambung dalam tubuh menjadi berlebihan, yang kemudian akan menimbulkan timbulnya gangguan pencernaan.

Tapi, meskipun demikian bukan berarti para penderita maag tidak boleh melakukan diet. Hanya saja, ada teknik khusus agar diet yang dijalankan tetap aman dan tidak mengganggu kinerja lambung yang mengakibatkan naiknya zat asam pada organ pencernaan tersebut. Nah, berikut ini adalah 5 tips diet sehat untuk penderita maag yang mungkin bisa kalian lakukan.
Diet Sehat Penderita Maag

Wajah cantik, tubuh langsing, maag aman! Mau? Simak tips ampuh diet yang aman untuk penderita maag dibawah ini!

    Atur Pola Makan

Bukan hanya jadwal acara televisi saja yang harus punya jadwal, pola makan yang teratur juga perlu dijadwalkan. Karena menurut pengalaman penulis yang juga menderita maag saat ini, gangguan pencernaan naiknya asam lambung atau yang biasa disebut dengan maag terjadi bukan karena porsi makan yang kurang. Gangguan ini terjadi karena pola makan yang tidak teratur, misalnya sehari makan 3 kali, hari berikutnya hanya 2 kali dalam sehari, dan begitu seterusnya tidak ada kedisiplinan dalam pengaturan pola makan.

Meskipun saat sekali makan porsi kalian sangat banyak, itu justru akan menimbulkan akibat buruk yang terjadi pada tubuh kalian. Pengaturan pola makan sangat penting dilakukan untuk membangun sebuah metabolisme tubuh yang baik. Karena saat perut dalam keadaan kosong dan tidak segera diisi oleh makanan, asam yang terdapat pada lambung akan bereaksi dengan mencerna dinding-dinding lambung itu sendiri. Nah, jika sudah demikian akan terjadi luka dalam lambung, dan ini akan menjadi hal yang fatal jika tidak segera ditangani.

    Jauhi Makanan Pemicu Maag Kambuh

Kita pasti sudah sama-sama tahu, ada banyak sekali jenis makanan yang sebaiknya harus dihindari oleh para penderita maag. Beberapa diantaranya seperti, makanan pedas, masakan bersantan, makanan yang sulit dicerna, atau makanan-makanan yang memiliki aroma kuat. Jadi, pada saat kita menjalankan program diet berarti kita mencoba untuk membisasakan lambung kita dengan pola dan porsi makan tertentu. Dalam hal ini organ tubuh seperti lambung perlu utnuk beradaptasi dengan pola yang baru. Maka sebisa mungkin hindari makanan-makanan terlarang diatas, agar meminimalisir kambuhnya gangguan maag yang kalian alami.

    Orahraga dan Istirahat Cukup

Hidup sehat tak cukup diperoleh dengan hanya makan-makanan yang sehat saja. Sebaliknya kalian juga harus membiasakan tubuh dengan rutinitas olahraga yang teratur. Tak perlu kalian melakukan olahraga berat seperti angkat beban, lari marathon, dll. Jalan-jalan kecil atau jogging di pagi atau sore hari saja sudah sangat cukup untuk menjaga kesehatan tubuh kalian. Program diet yang kalian jalankan juga akan sangat terbantu dengan aktivitas olahraga yang kalian lakukan. Karena ketika tubuh bergerak, maka proses pembakaran lemak dalam tubuh juga akan semakin lancar.

Setelah merutinkan olahraga sehat, istirahat yang cukup juga harus menjadi satu kebiasaan yang terbangun di hidup kalian. Pola tidur juga sangat penitng untuk kalian atur baik-baik, seperti halnya kalian mengatur pola makan. Sekilas informasi, ketika kita dalam keadaan tertidur,porses produksi asam dalam lambung akan mengalami peningkatan karena saat itu intensitas kerja lambung juga menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Akan  sangat tidak baik jika kalian sering begadang hingga larut malam, atau tidur dengan waktu yang lama. Karena pada dasarnya durasi yang baik untuk tubuh beristirahat adalah maksimal 7 hingga 8 jam, sangat tidak disarankan jika kurang dari itu, negitupun juga sebaliknya jang sampai lebih lama dari durasi waktu tersebut.

    Stop Rokok

Tak hanya untuk para penderita maag, banyak diantara kita mungkin juga setuju akan bahaya yang ditimbulkan oleh rokok. Bagi penderita maag sendiri, rokok adalah salah satu yang bisa jadi pemicu naiknya produksi asam dalam lambung. Apalagi kebiasaajn merokok yang disertai dengan minum kopi biasanya akan membuat perut terasa kenyang, hingga tak terasa lapar sama sekali. Jika kebiasaan tersebut terus dijalankan, keteraturan pola makan pun juga akan terganggu. Inilah yang nantinya juga bisa menjadi satu faktor kambuhnya maag kalian.

Untuk melakukan diet sehat dan terbebas dari gangguan asam lambung, hendaknya mulai dari sekarang kita belajar sedikit demi sedikit untuk menghentikan kebiasaan merokok.

    Jangan Stres, Terus Berusaha untuk Bahagia

Kebahagiaan sebenarnya bukan untuk dicari, tapi untuk dinikmati. Setiap saat dan setiap waktu, jika disadari manusia sebenarnya selalu diliputi oleh kebahagiaan, sayangnya banyak diantara kita yang tak sadar akan hal ini. Sedangkan maag sendiri bisa terjadi dan sulit disembuhkan jika pikiran kita dalam keadaan stress dan tertekan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang cobalah untuk selalu berfikir positif ketika menyikapi segala permasalahan dalam hidup. Carilah kebahagiaan yang selalu melekat dalam diri kalian, seperti nikmat Tuhan berupa umur yang panjnag, keluarga yang utuh, rejeki yang cukup, dll. Jangan larut dalam masalah yang kalian sendiri sudah merasa tak sanggup untuk menyelesaikannya.

Sebenarnya, beberapa orang mungkin ada yang tidak percaya bahwa maag ada kaitannya dengan stress. Tapi  lagi-lagi menurut pengalaman yang benar-benar dialami oleh penulis, kondisi pikiran yang tidak menentu dapat menjadi salah satu pemicu kambuhnya penyakit maag yang diderita.
Nah, itulah tadi sobat pembaca 5 tips diet sehat untuk penderita maag. Jika mungtkin kalian belum cukup yakin dengan 5 tips yang telah kita ulas diatas, klaian bisa menyiapkan obat untuk mengatasi maag sebagai pelengkap program diet yang kalian jalankan. Tapi, usahakan untuk mengkonsumsi obat maag alami saja,  seperti contohnya ramuan biji pepaya kering yang telah ditumbuk sampai halus dan diseduh bersama segelas air hangat lalu diminum secara teratur.

Post a Comment for "Tips Diet Sehat Untuk Penderita Maag"