Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Macam Ikan Pemakan Lumut Rumput di Aquarium

4 Macam Ikan Pemakan Lumut Rumput di Aquarium

penyinaran di aquarium mengakibatkan hadirnya alga atau lumut. Kondisi ini tidak mampu dihindari karena telah menjadi situasi umum yang terjadi di aquarium. ekosistem alga atau lumut di dalam aquarium pasti mematikan ekosistem ikan-ikan di aquarium. dan menyebabkan dinding aquarium berubah jadi kotor.

4 Macam Ikan Pemakan Lumut Rumput di Aquarium

tetapi, jangan khawatir. Nama-nama ikan berikut ini sudah terbukti dapat membersihkan dinding-dinding akuarium tersebut, diantaranya:

1. Ikan SAE (Siamese Algae Eater)
kehidupan ikan SAE pada dalam aquarium memang sangat membantu. Ikan jenis ini termasuk ikan yang suka memakan alga sejati, tidak peduli jenis alga apapun itu. alga-alga pasti disikat habis. Ia dapat memakan alga terus-menerus tanpa henti.

Ikan SAE juga dikenal sebagai ikan yang aktif. Untuk terhindar dari rasa jenuh, tempatkan ikan SAE di dalam aquarium yang ditumbuhi lumut yang memiliki daun luas.

2. Ikan CAE (China Algae Eater)
Ikan CAE kebanyakan berwarna kuning bercahaya yang lebih akrab disapa dengan nama pelahap alga sejati. Warnanya yang menawan membuat ikan ini disukai oleh anak-anak. jadi jangan bingung jika laris di supermarket.
Ikan CAE cukup cocok ditaruh di dalam aquarium yang kotor. Selain dapat menyapu aquarium, ikan CAE juga sangat baik untuk menjaga ekosistem. letakkan ikan CAE bersamaan dengan ikan-ikan kecil supaya mereka bisa saling bermain bersama.

3. Ikan OTO (Otocinclus Affinis)
Ikan OTO merupakan ikan yang terkecil dibandingkan dua ikan yang disebutkan di atas. panjang badannya hanya berukuran 5 cm saja. Namun, jangan salah karena ikan ini juga bisa memakan lumut atau alga {di|pada) dalam aquarium.
Ukurannya yang kecil membuat ikan ini harus dijaga pada jumlah yang banyak. Sehingga kaca aquarium yang berlumut dapat bersih secara menyeluruh.

4. Ikan Sapu-Sapu
Ikan sapu-sapu merupakan ikan kebal karena dapat hidup dalam keadaan air tipe apa saja. Baik campuran air yang jernih, jorok, juga campuran air hasil sampah sekalipun. Ikan sapu-sapu tidak suka tidak aktif, sehingga tempo pergerakannya cukup lambat.

Namun, ikan sapu-sapu menggunakan metode lama tetapi pasti. ditunjukkan dengan kesanggupan ikan sapu-sapu untuk menyapu bersih semua lumut atau alga yang ada pada dalam aquarium.

5. Keong Tanduk
menyapu dinding aquarium menggunakan ikan-ikan mungkin telah biasa. Bagaimana kalau membersihkannya dengan keong ? Keong tanduk bisa memakan lumut atau tanaman alga pada dalam aquarium menjadikan aquarium menjadi lebih indah.

Bentuk dari keong tanduk berbeda dengan ukuran keong pada umumnya. Dimana anggota tubuhnya didapati tanduk mungil disertai dengan pencampuran warna yang juga bagus. Kalau aquarium punyamu kotor, jangan ragu untuk memiliki salah satu dari ikan yang disebutkan ya! Semoga berguna!

Post a Comment for "4 Macam Ikan Pemakan Lumut Rumput di Aquarium"