Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi dan Kegunaan Sepeda Onthel Pada Masanya

Fungsi dan Kegunaan Sepeda Onthel Pada Masanya - Di eranya sepeda onthel tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi saja, tetapi juga untuk menunjukan tingkatan status sosial pada sebagian besar masyarakat dimasanya, seperti jika ada yang memiliki sepeda onthel maka sudah tentu pemiliknya dari kalangan keluarga yang terpandang atau kaya raya. Selain kegunaan sepeda onthel seperti tersebut diatas, biasanya bisa digunakan sebagai ajang menunjukan kekuasaan atau kekayaan seseorang, oleh sebab itu akan menjadi suatu kebanggan tersendiri jika ada yang bisa bersepeda dan memilikinya.

Bentuk dan desainnya yang cukup ramping dan mempunyai berat yang cukup ringan, membuat sepeda onthel nyaman untuk digunakan dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Selain hal tersebut sepeda onthel menjadi salah satu transportasi modern yang bisa digunakan pada masanya, dan walaupun era dan jaman sudah berganti serta mengalami perubahan yang cukup besar dalam perkembangan sarana transportasi, namun sampai saat ini sepeda onthel masih digunakan sebagai salah satu transportasi yang dimanfaatkan untuk beberapa keperluan pada beberapa daerah pedesaan, bahkan di Jakarta dan sekitarnya.

Fungsi dan Kegunaan Sepeda Onthel Pada Masanya

Dengan desainnya yang simple, menarik dan juga  unik ada lagi kegunaan sepeda onthel lainnya yaitu seperti mendatangkan inspirasi untuk membuat alat transportasi sejenis namun tetap menyesuaikan dengan perkembangan mode yang ada pada saat ini. Ini merupakan ide yang cukup cemerlang dimana pembuatnya ingin menciptakan produk sepeda yang simple, elegan dan juga menarik tanpa harus memberikan detail yang rumit.

Sebagai contoh sepeda yang saat ini diproduksi dengan mencotoh sepeda onthel adalah sepeda fixie yang saat ini telah menjadi trend pada beberapa kalangan baik untuk perseorangan maupun komunitas tertentu. Jika pada saat ini jenis sepeda onthel lebih dimanfaatkan sebagai alat untuk berolah raga, namun kegunaan sepeda onthel pada masanya lebih dikhususkan untuk keperluan yang lebih dari pada itu.

Untuk lebih mengetahui secara detail tentang kegunaan sepeda onthel lainnya pada masanya, anda bisa mencari tahu berbagai informasi yang berkaitan dengan sepeda tersebut melalui berbagai media, baik electronic, cetak maupun media online. Namun akan lebih baik jika anda mencari tahu mengenai informasi tersebut dengan datang keperpustakaan dan membaca berbagai history seperti apa saja kegunaan sepeda onthel, asal mula terciptanya sepeda tersebut dan lain sebagainya.

Namun yang harus pasti anda lakukan apabila mempunyai sepeda onthel yaitu dengan menjaga dan merawat sepeda tersebut agar nilai historisnya tidak hilang begitu saja, dan jika anda ingin menambah koleksi sepeda onthel sebaiknya tidak membeli di sembarang toko sepeda , tapi anda perlu membelinya atau mendapatkannya dari tempat-tempat yang bisa dipertanggung jawabkan. Dengan begitu anda juga membantu dalam merawat dan melestarikan benda-benda bersejarah untuk kemudian diwariskan kepada anak cucu dengan menceritakan bahwa masih banyak hal yang kita lakukan dengan benda bersejarah yang tidak hanya dimanfaatkan sebagai barang pajangan saja.

Post a Comment for "Fungsi dan Kegunaan Sepeda Onthel Pada Masanya"