Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenali Batu Garut Hijau dan Tips Membelinya

Mengenali Batu Garut Hijau dan Tips Membelinya - Batu garut hijau adalah salah satu jenis batu cincin di Indonesia yang cukup populer dan terkenal dengan keindahan warna hijaunya. Bukan hanya itu, akan tetapi kualitasnya pun bukan main. Pasalnya batu hijau ini pun dibandroll dengan harga yang cukup fantastis per buahnya. Keindahannya membuat batu ini banyak dicari oleh masyarakat, baik mentahannya ataupun yang sudah jadi.

Mengenali Batu Garut Hijau dan Tips Membelinya

batu garutAda juga kabar yang mengatakan bahwa pada awalnya batu hijau garut ini diberi nama batu Oheng. Mengapa? Dahulu dikabarkan bahwa penemu pertama dari batu ini bernama Abah Oheng. Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih jauh mengenai bagaimana keunggulan dan juga cara pemilihan batu hijau garut atau batu Oheng ini, simak ulasan singkatnya berikut ini.

Tips Mengenali Batu Garut yang Asli
Jika Anda ingin mengetahui batu hijau garut yang asli, ada peralatan yang perlu Anda siapkan. Yang pertama adalah lampu senter khusus batu dan juga amplas. Lalu bagaimana cara mengetahui keasliannya? Sekarang pastikan senter batu sudah menyala dan sorot batu hijau garut yang Anda punya dengan senternya.

Perhatikan serat yang ada di dalam batu, dan pastikan bahwa di dalamnya ada seperti retakan-retakan. Jika ada, bisa dipastikan bahwa batu tersebut adalah yang asli. Nah, sedangkan guna amplas adalah untuk membentuk batu Anda secara manual. Ketika menyoroti batunya, pastikan Anda memerhatikannya dengan teliti.

Adapun beberapa manfaat atau khasiat dari batu hijau garut ini diantaranya:

1. Untuk merelaksasikan orang yang memakainya dan juga orang yang melihat pemakainya.

2. Bisa meningkatkan stamina tubuh yang loyo atau hilang.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga pemakainya akan lebih sehat.

4. Bisa membuat rasa percaya diri atau optimisme pemakaianya meningkat.

Nah, itu tadi adalah beberapa manfaat atau khasiat utama yang dimiliki oleh batu hijau garut. Namun demikian, Anda boleh percaya ataupun tidak karena semua kekuatan yang ada di dunia ini hanyalah milik Tuhan Yang Maha Esa.

Secara umum batu ini asalnya dari tanah jawa, dan termasuk salah satu batu akik atau batu mulia yang jarang ditemukan. Oleh karena itu tak heran jika harganya pun sangat mahal. Selain di Pulau Jawa, batu hijau ini juga bisa ditemukan di beberapa pulau lain mulai dari Sumatera khususnya Aceh, Kalimantan dan Maluku.

Jika Anda seorang kolektor, mungkin harga yang ditawarkan untuk batuan langka ini bukanlah menjadi masalah meskipun mahal. Namun di pasaran, harga batu hijau garut sangat bervariasi. Nah, jika Anda hanya memiliki budget terbatas, Anda bisa membeli batu cincin yang harganya ratusan ribu rupiah. Banyak juga akik garut ini yang dijual dengan harga hingga jutaan rupiah.

Batu yang berwarna hijau lumut ini memiliki keindahan yang sangat khas karena warna hijaunya. Apalagi warna hijau adalah salah satu warna yang sangat bersahabat dengan mata, sehingga bisa membuat orang yang melihat batu tersebut menjadi lebih nyaman. Sama halnya seperti batu giok hijau.

Bagi Anda para kolektor yang menginginkan batu garut yang asli, harganya bisa jauh lebih mahal dari yang biasa. Batu asli bisa dipatok harga antara 100 – 200 juta rupiah. Nilai yang sangat fantastis, bukan? Jadi tak bisa dipungkiri bahwa jenis batu hijau garut ini memang bukan batu akik sembarangan dan tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Post a Comment for "Mengenali Batu Garut Hijau dan Tips Membelinya"