Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Batu Pirus dan Berbagai Khasiatnya

Jenis-Jenis Batu Pirus dan Berbagai Khasiatnya - Di tengah munculnya banyak sekali jenis batu akik yang ada di pasaran, batu pirus menjadi salah satu jenis batu mulia yang paling banyak digemari oleh para pencinta akik. Pasalnya batu ini sangat identik dengan keindahannya dan juga kelangkaannya. Maka dari itu tak heran jika para pemburu pirus ini rela menggelontorkan dana yang tinggi untuk membawa pulang batu indah tersebut.

Jenis-Jenis Batu Pirus dan Berbagai Khasiatnya

batu pirusVariannya cukup banyak, terutama dari segi motif seratnya. Nah, pada artikel kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengenali apa itu batu akik pirus, apa saja khasiatnya, dan juga bagaimana macam variasinya. Paslanya tak bisa dipungkiri bahwa batu yang juga disebut batu biru bergurat ini memang cukup unik dan berbeda dari yang lain.

Mengenal Batu Pirus dan Khasiat Bagi Pemakainya

Secara umum cincin batu yang menggunakan pirus sebagai penghiasnya, biasanya digunakan oleh orang yang usianya lebih dari 40 tahun. Pirus atau fairus ini adalah sebuah batu yang terbuat dari campuran fosfat tembaga dan juga alumunium.

Bahkan ada juga orang yang mengatakan batu ini terbentuk dari campuran kapur, batu dan juga tanah. Di pasaran akik Indonesia, pirus yang paling banyak dijumpai adalah yang motifnya seperti sarang laba-laba dengan kombinasi warna hijau dan biru.

Batu akik pirus banyak dijumpai di beberapa kawasan di berbagai belahan bumi. Seperti di Semenanjung Persia yang terdiri dari negara-negera Iran, Israel, Afghanistan, dan Sinai, ada juga di kawasan Amerika Serikat seperti Nevada, California, New Mexico, dan Arizona.

Tak bisa dipungkiri bahwa pirus atau fairus ini termasuk batu yang cukup baik tingkat kekerasannya. Antara 5-6 skala keras mohs. Keindahannya adalah faktor utama mengapa batu ini bisa berbeda-beda harganya. Dan berikut ini adalah beberapa jenis batu akik pirus yang paling banyak dicari di pasaran.

1. Serat Emas

Serat yang warnanya emas pada batu akik pirus menjadi salah satu favorit bagi para gems lovers atau para pencinta batuan mulia. Seratnya sangat telrihat jelas di permukaan batunya, dan akan terlihat seperti benang-benang yang menyelimuti batu tersebut.

Terkadang motif emasnya cukup banyak, namun tak jarang juga beberapa batu hanya memiliki serat yang sedikit. Dan serat berwarna emas ini sering dikaitkan dengan simbol kesejahteraan bagi pemiliknya.

2. Serat Perak

Selain berwarna emas, ada juga batu akik pirus yang seratnya berwarna perak. Batuan ini tak kalah indahnya dengan yang berserat emas, loh. Warna putihnya terkadang begitu mendominasi sehingga nuansa peraknya telrihat sangat kental. Dan bagi masyarakat sendiri, motif seperti ini sering dikaitkan dengan simbol pencarian hidup.

3. Serat Darah

Warna serat lain yang paling populer pada batuan pirus atau fairus ini adalah warna merah darah. Warnanya merah seperti darah kental, dan terlihat sangat unik ketimbang dua jenis sebelumnya.

Apalagi jenis batu akik pirus dengan motif serat darah ini adalah yang paling langka dan cukup sulit ditemukan. Keindahannya sangat memukau dan menjadi dambaan bagi para kolektor. Masyarakat meyakini bahwa batu dengan serat darah ini menyimbolkan keperkasaan.

So, itu tadi adalah sekilas informasi singkat mengenai apa itu batu pirus dan apa saja jenis-jenisnya. Untuk harganya sendiri, pirus yang sudah jadi biasanya dibandrol antara Rp 20.000,00 – Rp 500.000,00 per buahnya. Sedangkan untuk mentahnya biasanya hanya Rp 4.000,00/gram. Sekian dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Jenis-Jenis Batu Pirus dan Berbagai Khasiatnya"