Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Usaha Agribisnis Yang Menguntungkan Dan Bisnis Paling Menjanjikan

Peluang usaha agribisnis adalah salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk di geluti. Apalagi, pemain yang ikut meramaikan bisnis ini sepertinya tidak terlalu banyak, karena para pebisnis atau pengusaha muda saat ini nampaknya lebih tertarik untuk menjalankan bisnis di bidang lain yang lebih “ngetren”, semisal bidang IT atau yang lainnya.Dengan berkurangnya saingan, maka tentu peluang untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak akan terbuka lebar.

Peluang Usaha Agribisnis Yang Menguntungkan Dan Bisnis Paling Menjanjikan

Meski dalam tanda kutip peluang usaha agribisnis tidak se-ngetren bidang usaha lain, namun dari segi keuntungan, usaha di bidang agribisnis ini juga tidak kalah menguntungkan, apabila kita sebagai pelaku bisa melihat atau memanfaatkan peluang yang ada di lapangan, bukan mustahil untuk mendapatkan keuntungan yang bahkan lebih besar dari pada bidang usaha lain yang katanya lebih “kekinian” itu.

Saya ingin memberikan contoh kecil bagaimana peluang usaha ini bisa mendatangkan untung yang lumayan banyak untuk anda.

peluang usaha agribisnis sayur

Di tempat penulis tinggal saat ini ada beberapa  tetangga yang juga sudah menjalankan usaha agribisnis ,, yakni dengan berjualan bibit tanaman pertanian. Salah satu jenis bibit yang dijualnya adalah bibit tomat. Penyemaian bibit dari sejak berbentuk biji sampai tiba masa tanam ia lakukan sendiri di pekarangan rumahnya, hanya bermodal tanah liat dan plastik yang penulis rasa harga bisa terjangkau.

Setelah tiba masanya bibit tomat siap untuk dijual, bibit-bibit tomat kemudian di jejer kan dalam wadah dengan isi sekitar 100 an bibit. Satu wadah bibit dihargai dengan kisaran harga 30 sampai 35 ribu rupiah untuk per kantong/ wadah nya, dalam sehari bisa terjual sekitar 3-5 wadah bahkan lebih. Coba bayangkan saja berapa keuntungan yang berhasil didapatkan si pedagang bibit, saya rasa cukup besar bukan ? itupun hanya dari penjualan bibit tomat, belum lagi ditambah dari penjualan bibit tanaman lain.

Selain dari segi keuntungan yang lumayan tinggi, peluang usaha agribisnis juga mempunyai nilai plus dari sisi waktu untuk pelakunya. Maksudnya ialah usaha ini tidak mengikat anda, karena waktu kerjanya yang bisa anda atur sendiri. Dengan begitu, usaha agribisnis bisa anda jadikan usaha sampingan yang bisa anda gandeng dengan jenis usaha atau pekerjaan lain.

Adapun beberapa peluang usaha agribisnis yang bisa anda mulai dan tekuni ialah :

Menjual bibit pertanian

Peluang usaha agribisnis bibit tanaman

Seperti yang telah saya ceritakan diatas, usaha agribisnis jualan bibit pertanian mempunyai potensi keuntungan yang sangat besar. Pilihan bibit yang bisa anda pilih untuk dijual pun beragam, anda bisa menyesuaikan sendiri dengan melihat musim tanam yang sedang berlangsung di masyarakat.

Menjual tanaman obat

Obat herbal yang bahan bakunya berasal dari tanaman obat-obatan sudah terbukti lebih aman untuk dikonsumsi dari pada obat kimia. Sifatnya yang alami dan biasanya tanpa efek samping, membuat obat herbal lebih diminati oleh masyarakat. Hal inilah yang kemudian membuat permintaan akan obat herbal selalu tinggi. Ini bisa anda jadikan peluang untuk memulai usaha agribisnis jualan tanaman obat.

Apabila anda memiliki lahan kosong, maka mulailah menanam berbagai macam tanaman obat-obatan seperti jahe, kunyit, temulawak, daun sirih, lidah buaya dan yang lainnya. Kemudian ketika tiba masa panen, tanaman obat-obatan ini bisa anda jual kepada para pembuat obat atau minuman herbal. Lambat laun, jika para produsen obat herbal tersebut sudah mengenal anda dengan baik, saya yakin mereka tidak akan keberatan untuk menjadikan anda sebagai pemasok tetap untuk bahan baku pembuatan obat herbal mereka.

Berjualan tanaman hias

peluang usaha agribisnis tanaman hias

Tanaman hias termasuk tanaman yang tinggi peminatnya, terutama di kota-kota besar. Selain dijadikan sebagai penghias pekarangan atau halaman rumah, tanaman hias juga biasanya digunakan sebagai bahan dekorasi acara hajatan atau hiasan pelaminan. Ini tentu kabar gembira bagi anda yang sedang bingung memilih jenis peluang usaha agribisnis yang menguntungkan.Jika anda atau istri anda hobi merawat tanaman hias, maka segera manfaatkan peluang ini. Tanam dan rawat sebanyak-banyaknya jenis tanaman hias di pekarangan anda. Apabila nantinya anda tidak mampu menjual sendiri, anda bisa memilih menjadi supplier untuk para pedagang tanaman hias di kota-kota, atau anda bisa juga menjadi penyuplai tanaman hias untuk para pendekor pelaminan.

Berjualan buah-buahan

Peluang usaha agribisnis lainnya yang bisa anda geluti ialah menjadi pembudidaya dan penjual buah-buahan. Anda bisa memulai usaha ini dengan menanam satu jenis tanaman buah-buahan terlebih dahulu, tujuannya agar anda bisa melihat potensi dari masing-masing jenis tanaman buah yang ada. Anda bisa mencoba menanam pisang, melon, buah naga atau durian. Pilihlah yang sekiranya cocok untuk ditanam di daerah anda dan potensi permintaan pembelinya tinggi.

Seiring berjalannya waktu, lambat laun anda akan dikenal oleh para pedagang buah-buahan yang biasa berjualan di pasar-pasar atau pinggir-pinggir jalan. Dengan begitu, anda kemudian bisa menjadi penyedia atau supplier buah-buahan untuk mereka.

peluang usaha agribisnis buah

Alternatif lain jika anda tidak ingin menjadi supplier adalah jika anda bisa sedikit kreatif, maka buah-buahan itu bisa anda olah terlebih dahulu sebelum dijual, anda bisa mengolahnya menjadi jajanan yang bervariatif, lebih enak dengan ditambahi bumbu inovasi-inovasi baru yang tentunya akan membuat produk buah anda bernilai jual lebih tinggi dari sebelumnya.

Menjual Alat Pertanian

Menggabungkan bisnis bidang teknologi dengan bidang agribisnis, mengapa tidak! Jika kita sejenak menengok kegiatan pertanian yang dilakukan oleh para petani yang ada di negara luar, tentu sangat jauh dengan yang ada di negeri kita sendiri. Mereka para petani mancanegara, khususnya yang tinggal di negara maju telah menggunakan alat-alat pertanian yang dibekali dengan kecanggihan teknologi membuat pekerjaan mereka menjadi semakin ringan. Nah, inilah peluang yang baik untuk kita karena di Indonesia sendiri masih sangat minim orang yang menjalankan bisnis di bidang penjualan mesin-mesin pertanian.

Sekilas memang bisnis penjualan alat pertanian ini dianggap sebagai sebuah bisnis yang membutuhkan modal cukup besar. Namun pada kenyataannya tidak demikian, karena anda tetap bisa memilih alternatif ini tanpa harus memiliki modal double. Caranya adalah menjalin kerjasama dengan penyedia alat atau mesin-mesin pertanian sebagai agen atau reseller. Dengan begitu kalian tetap akan mendapatkan keuntungan setiap ada penjualan yang terjadi, tanpa terlebih dahulu harus menyiapkan stok produk sendiri, karena sebagai agen / reseller stok produk sudah disupport oleh penyedia.

Namun, untuk menjalankan bisnis ini selain kalian harus memiliki pengetahuan yang cukup pada bidang pertanian, anda juga terlebih dahulu harus mengenal secara detail tentang spek beserta fitur dari alat/mesin pertanian yang anda tawarkan.

Nah, menarik bukan? tunggu apalagi! segera tentukan jenis peluang usaha agribisnis apa yang akan anda tekuni. Tidak perlu ragu dan khawatir, setelah mencoba beberapa jenis usaha agribisnis, anda pasti akan menemukan satu jenis usaha yang paling cocok untuk anda kembangkan dalam jangka panjang.Sekarang yang terpenting adalah anda berani memulai.

Post a Comment for "Peluang Usaha Agribisnis Yang Menguntungkan Dan Bisnis Paling Menjanjikan"