Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Memiliki paras yang cantik adalah dambaan setiap wanita. Berbagai macam cara akan mereka tempuh, baik menggunakan jasa dari para ahli kecantikan, membeli beragam kosmetik, hingga melakukan perawatan wajah yang semuanya itu bahkan bisa menghabiskan banyak biaya. Namun, banyak juga diantara para wanita yang mencoba cara-cara alami untuk menjaga kesehatan wajah, salah satunya adalah dengan mengambil manfaat buah pisang untuk kecantikan.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara alami dinilai sebagai langkah yang paling tepat dan aman untuk dilakukan. Dari segi efisiensi biayapun, metode perawatan wajah dengan memanfaatkan bahan-bahan alam tak memerlukan banyak modal, seperti halnya jika kalian melakukan terapi kecantikan atau membeli obat-obatan yang dijual di pasaran. Selain itu, dengan melakukan perawatan secara alami, hasil yang akan kita dapatkan juga akan bertahan lama, tidak seperti jika memakai obat-obat yang bahkan terkadang bisa menimbulkan ketergantungan.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Pisang Untuk Wajah

Belum banyak yang mengetahui jika ternyata buah pisang menyimpan berbagai macam khasiat yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan wajah kita. Buah yang sangat terkenal, terutama di daerah tropis ini memang sangt mudah ditemui baik di pasar-pasar atau di toko buah yang bertebaran di pinggir-pinggir jalan.

Buah pisang juga termasuk salah satu jenis buah yang sangat aman untuk dikonsumsi, karena sifatnya yang bisa dikatakan sama sekali tak menimbulkan efek samping. Lalu, kenapa buah pisang diklaim bisa utnuk dijadikan salah satu bahan untuk mempercantik kulit wajah? Secara umum, dalam satu batang pisang terkandung banyak gizi seperti Vitamin C, vitamin B serta B6. Selain itu kandungan kalsium, fosfor, Magnesium dan zat besi juga merupakan faktor pendukung yang menguatkan pendapat mengapa buah pisang bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah.

Berikut ini mari kita bahas bersama-sama manfaat pisang untuk kulit wajah.

    Menghilangkan Jerawat

Jerawat memang memang menjadi satu masalah yang dari dulu hingga sekarang selalu menjadi momok bagi setiap orang, terutama para kaum hawa. Mereka akan langsung memutar otak, dan membeli berbagai macam obat penghilang jerawat ketika masalah kulit tersebut terhilat muncul di area sekitar wajah.

Pisang bisa menjadi jawaban utnuk kalian yang resah karena jerawat tak kunjung hilang dari wajah, cara menggunakannya adalah dengan menhancurkan daging pisang matang secukupnya. Setelah dirasa daging pisang berhasil dilembutkan, lalu oleskan adonan tadi pada wajah kalian yang diserbu jerawat, diamkan hingga beberapa menit (10-15menit). Jika sudah bilas dengan air hangat hingga bersih, lakukan cara ini secara rutin selama paling tidak 2 minggu. Setelah beberapa minggu kemudian, pasti kalian akan melihat perubahannya, yakni berkurangnya jerawat hingga lama kelamaan hilang dan kulitpun menjadi bersih kembali.

    Mencerahkan Wajah

Masker dari daging pisang tadi, selain berfungsi untuk menghilangkan jerawat juga akan secara bertahap menmbah kecerahan kulit kalian, terutama pada bagian wajah yang terlumuri masker pisang. Seperti yang kalian ketahui, harga obat pencerah wajah yang dijual di toko kosmetik maupun apotik tentulah sangat mahal. Dengan menggunakan cara satu ini, kalian tak perlu lagi menghabiskan banyak uang tabungan dari suami utnuk bisa tampil secantik bidadari.

manfaat pisang untuk kecantikan

 

    Membersihkan Sel Kulit Mati dan Menghaluskan Wajah

Caranya hampir sama dengan sebelumnya, haluskan daging pisang secukupnya. Dalam hal ini kalian bisa menggunakan pisang jenis apa saja, kalau saran kami gunakan pisang kepok saja. Selain harganya yang relatif paling murah, pisang kepok juga jenis pisang yang banyak serta mudah didapatkan.

Setelah adonan pisang dihancurkan lembut, tambahkan madu kurang lebih 1 sendok makan, lalu aduklah adonan pisang dengan madu tersebut hingga dirasa sudah merata. Lumuri wajah kalian dengan adonan yang baru saja dibuat, diamkan hingga masker pisang itu mengering di wajah, lalu bilas dengan air dingin/hangat hingga bersih. Lakukan dengan konsisten selama 1-minggu.

Manfaat dari metode ini adalah, wajah yang berminyak dan kotor akibat adanya sel kulit mati, perlahan akan menghilang. Sel kulit mati yang dibersihkan akan berganti dengan yang baru, hingga wajah tak lagi tampak kotor, berminya, serta kulit menjadi lembut layaknya kulit bayi.

Bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk sarana terapi kecantikan wajah, pisang yang kaya akan beribu manfaat ini juga bisa kita manfaatkan untuk menjaga ketabilan tubuh, serta mengobati beberapa penyakit yang menyerang kesehatan kita. Manfaat pisang untuk kesehatan, beberapa diantaranya adalah,

    Mengobati Diabetes

Diabetes menjadi satu penyakit yang banyak diderita oleh manusia. Gangguan tubuh ini umumnya terjadi karena pola hidup yang kurang sehat serta faktor keturunan. Pisang dinilai juga bisa menjadi salah satu alternati obat yang bisa digunakanuntuk mengurangi kadar gula dalam tubuh, caranya adalah dengan mencampurkan pisang kukus yang dihaluskan dengan air degan ijo, atau kelapa muda. Metode ini dipercaya sebagai salah satu alternatif obat untuk menyembuhkan diabetes.

    Mengatasi Maag

Gangguan asam lambung dalam tubuh yang mengalami kenaikan atau uyang biasa disebut dengan gangguan maag, memang salah satu kondisi tubuh yang sangat menjengkelkan. Perut perih, makan tidak enak, bahkan terkadang disertai dengan sesak nafas,  itulah yang dialami oleh penderita maag. Maag sndiri sebenarnya bukan satu penyakit, melainkan satu metabolisme tubuh yang terbentuk karena pola hidup yang salah. Pisang sendiri memberikan solusi untuk kalian para penderita maag, jika asam lambung naik, mengkonsumsi buah pisang bisa menjadi alternatif pengganti obat-obat kimia. Karena dalam sebuah pisang terkandung zat yang berfungsi sebagai penetralisir serta penangkal asam yang ada dalam tubuh.

    Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Bukan hanya dagingnya saja, kulit pisang ternyata juga bisa digunakan sebagai obat alami penyembuh luka, terutama luka bakar. Caranya adalah dengan mengupas satu buah pisang, makan dagingnya dan sisihkan kulit pisangnya. Lalu, bakarlah kulit pisang tersebut dan campukan dengan minyak kelapa secukupnya. Oleskan pada bagian tubuh yang terluka. Lakukan cara tradisional ini paling tidak 2-3x, pasti lukabakar di tubuh akan segera hilang.

    Mencegah Gangguan Pada Jantung

Berbagai macam kandungan gizi yang ada pada buah pisang ternyata juga bisa menjadi salah satu obat mencegah penyakit jantung. Hanya dengan mengkonsumsi buah pisang dua kali dalam sehari, kalian sudah bisa melindungi dan menjaga kesehatan jantung kalian agar terhindar dari berbagai macam gangguan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan-kandungan gizi penting yang ada pada pisang, yakni kandungan kalium pada pisang menjadi salah satu zat yang berperan sebagai tonik yang menjaga kesehatan jantung. Vitamin C bersifat sebagai antioksidan yang bisa menjadi pencegah proses pertumbuhan lemak jahat, serta serat pectin sebagai pengontrol kolesterol.

Nah, itulah tadi ulasan kami tentang obat alternatif dari buah-buahan yang ada di artikel berjudul manfaat buah pisang bagi kesehatan dan kecantikan wajah kali ini. Sebenarnya masih sangat banyak khasiat buah pisang yang bisa kita manfaatkan. Ulasan kali ini tentu akan menambah daftar resep obat alami para asobat pembaca. Semoga informasi kali ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment for "Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan"