Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 7 Rahasia Sukses Keturunan Tionghoa

Inilah 7 Rahasia Sukses Keturunan Tionghoa - Kenapa Orang Cina Kaya? Inilah 7 Rahasia Sukses Orang Tionghoa – Di dunia yang serba digital seperti sat ini, siapa orangnya yang tak mengenal nama Jack Ma? Ya, dia adalah orang Tionkok yang masuk dalam daftar orang terkaya kedua di negeri tirai bambu tersebut. Tak hanya itu saja, bahkan di usianya yang baru menginjak 50 tahun, ia telah berhasil menduduki nomer urut ke-33 dalam list orang dengan kekayaan harta terbayak di dunia versi majalah bisnis Forbes.

China atau yang sekarang disebut dengan nama Tiongkok, memang sudah sejak lama terkenal dengan orang-orangnya yang gigih serta tak kenal lelah dalam bekerja. Jika, sudah menjadi keinginannya untuk sukses darah pekerja dari orang-orang keturunan Tiongkok seperti bergejolak, hingga seakan tak mau berhenti untuk mengejar kesuksesan yang ingin diraihnya itu.

Inilah 7 Rahasia Sukses Keturunan Tionghoa

Begitu juga Jack Ma, bahkan jika ditelisik lebih dalam lagi, ia justru memiliki sejarah yang kelam pada perjalanan kariernya. Dahulu Jack Ma mengaku, ia tak lagi satu atau dua kali ditolak oleh perusahaan ketika sedang melamar pekerjaan, bahkan berkali-kali. Ketika sudah bekerja pun ia tak pernah betah lama-lama menjadi pesuruh di satu perusahaan. Hingga akhirnya karena ia ngeyel dan gigih dalam memperjuangkan masa depannya, kini Jack Ma telah berhasil berada di puncak kejayaan dalam sejarah hidupnya, berawal dari bisnis startup Alibaba yang dibangunnya.

Inilah 7 Rahasia Sukses Keturunan Tionghoa 3

Kalau Jack Ma dijadikan contoh mungkin bisa dikatakan terlalu jauh, sekarang coba saja anda perhatikan para masyarakat dari keturunan Tionghoa yang hidup dan menetap bahkan sudah menjadi Warga Negara di Indonesia. Kebanyakan dari mereka juga menjadi orang yang sukses dengan bisnisnya, hingga menjadi seorang milyader dengan perusahaan-perusahaan yang besarnya yang tersebar di tanah air.

Lalu, apa sebenarnya rahasia kesuksesan orang Tionghoa? Bagaimana mereka dengan mudah bisa menemukan kunci kejayaannya? Simak ulasan kami berikut ini di artikel 7 Rahasia Sukses Orang Tionghoa.

Kunci Kesukesan Warga Keturunan Tionghoa

Sebelum kita membahas bab ini lebih jauh lagi, sebelumnya penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dalam hal ini tak ada sedikitpun maksud untuk membanding-bandingkan keturunan Tionghoa dengan warga-warga lain yang sama-sama tinggal di tanah air tercinta, Indonesia. Hanya saja, harapan kami  bahasan kali ini akan dapat memberikan sedikit pencerahan serta motivasi bagi kita untuk terus semangat dalam meraih cita-cita dan kesuksesan hidup.

Oke, langsung saja kita masuk pada topik intinya.

    Fokus pada satu tujuan

Salah satu poin penting dan yang harus mendasari pemikiran kita dalam membangun suatu bisnis atau usaha adalah ketajaman fokus pada satu titik yang menjadi tujuan akhir nanti. Semua bisnis/usaha pastinya memiliki tujuan akhir yaitu kesuksesan. Nah, untuk meraih itu semua kita perlu meniru sifat orang Tionghoa yang seakan menjadi seperti robot ketika bekerja.

Inilah 7 Rahasia Sukses Keturunan Tionghoa 1

Pikiran mereka sulit untuk bercabang, adapun yang mereka lakukan adalah mengembangkan inovasi yang masih berkaitan dengan apa yang mereka geluti saat itu. Kita kembali kepada Jack Ma sebagai contohnya, bisnis yang ia lakukan sejak dahulu adalah bisnis jual beli barang real. Maka sekalipun dalam hidupnya ia tidak pernah berubah haluan untuk menjajal bisnis lainnya, seperti bisnis jasa mungkin, dan lain sebagainya.

Namun, meskipun begitu Jack Ma tidak terpaku dalam satu metode untuk mengembangkan usahanya. Kala itu ia memandang bahwa alur perdagangan kini mulai beralih, dari sistem yang konvensional menjadi transaksi digital. Maka dari itu ia menciptakan sebuah platform web jual beli, yakni Alibaba sebagai inovasi dalam pengembangan bisnisnya.

    Uang adalah benda yang sakral

Ungkapan itu mungkin cocok untuk mendeskripsikan sikap orang Tionghoa yang sangat berhati-hati dalam pengelolaan keuangan mereka. Sebagian besar dari kita mungkin menganggap bahwa orang Tionghoa itu pelit, dalam tradisi Jawa sendiri Singkek itu sebutan untuk orang Tionghoa.

Anggapan itu memang tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Karena yang lebih tepat sebenarnya adalah orang Tionghoa memang cenderung tidak senang dengan gaya hidup yang mewah. Mereka lebih memilih hidup sederhana daripada harus mengeluarkan uang untuk memberi barang, karena mereka menganggap sikap yang konsumtif adalah bibit penyebab kebangkrutan.

    Anti Berhutang

Bagi orang keturunan Tionghoa, utang adalah hal yang sangat tabu. Bahkan menurut mereka berhutang merupakan sebuah aib serta tindakan yang amat sangat memalukan. Mereka akan memilih membuat kerjasama dengan orang lain untuk menyelamatkan bisnis mereka ketika sedang tertimpa masalah financial.

    Untung kecil yang penting modal berputar

Nah, inilah satu konsep yang mungkin bagi sebagian orang dianggap menjadi suatu kebodohan. Kalau bisa mendapatkan untung besar kenapa memilih yang kecil (Aji mumpung)? Padahal seperti yang kita tahu, dalam persaingan bisnis harga murah menjadi incaran yang paling banyak menarik perhatian konsumen. Orang Cina berfikir, untuk kecil tidak masalah yang penting barang mereka terjual, modal berputar dan konsumen senang, hingga akhirnya menjadi langganan.

    Tidak ada kata gagal

Bagi mereka kegagalan itu tidak ada, gagal hanya bisa terjadi jika mereka berhenti bekerja. Malas untuk menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat digunakan untuk semakin menerbangkan sayap-sayap bisnis mereka.

Bukan berarti orang Tionghoa tidak pernah mengalami permasalahan dalam dunia bisnis yang digeluti, namun mereka membentuk satu kesadaran dalam dirinya bahwa masalah yang dialami bukan berarti suatu kegagalan, namun justru itulah pelajaran yang sangat berharga yang dapat digunakan untuk semain cepat meraih kesuksesan.

    Lawan adalah Kawan

Bingung kan? Tenang, begini penjelasannya! Para pebisnis Tionghoa memiliki prinsip bahwa dalam bisnis tidak ada yang namanya persaingan. Daripada larut dalam usaha-usaha menjatihkan lawan atau pesaing, mereka lebih memilih untuk bekerja sama dengan mereka. Dengan begitu, sederhanya jika si pesaing mendapat keuntungan tentu mereka juga akan kecipratan keuntungan tersebut karena sudah terjalin kerjasama diantara keduanya.

Inilah 7 Rahasia Sukses Keturunan Tionghoa 2

    Hormat Kepada Guru dan Orang tua

Orang tua dan Guru dianggap seperti dewa dalam kepercayaan mereka. Berbuat baik kepada guru dan orang tua bagi mereka adalah salah satu jalan yang bisa membuka semua jalan kesuksesannya nanti.

Inilah 7 Rahasia Sukses Keturunan Tionghoa 4

Kesimpulan

Begitu berwarna hidup ini jika kita menghargai adanya perbedaan, dan bahkan mengambil manfaat dari adanya keragaman warna tersebut. Begitupun juga dalam dunia bisnis. Apa yang dilakukan oleh orang-orang Tionghoa dalam meraih kesuksesan sebenarnya juga telah diajarkan oleh Tuhan kepada kita. Dimana kejujuran, keseriusan, serta kerendahan hati menjadi modal utama agar dapat meraih kejayaan baik di dunia maupun kelak di alam yang kekal.

Demikian ulasan kami tentang 7 Kunci Sukses Orang Tionghoa di artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat pembaca semua.

Post a Comment for "Inilah 7 Rahasia Sukses Keturunan Tionghoa"