Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 6 Peluang Usaha Ternak Yang Mudah Dan Menguntungkan

Inilah 6 Peluang Usaha Ternak yang Mudah dan Menguntungkan – Bagi sebagian orang, beternak memang dianggap satu jenis bisnis yang mungkin sedikit sulit untuk dijalankan. Namun, sebenarnya jika ditekuni dengan keseriusan dan ilmu yang memadai, tentunya akan bisa kita rasakan bahwa sebenarnya beternak adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan untung besar.

Bisnis ternak atau yang juga biasa disebut dengan budidaya, terbukti menjadi salah satu dari daftar jenis usaha yang lumayan banyak diminati saat ini. Mengingat, kebanyakan hewan ternak adalah satu bahan pangan yang tiap hari menjadi konsumsi masyarakat.

Inilah 6 Peluang Usaha Ternak Yang Mudah Dan Menguntungkan

Budidaya hewan ternak ini juga sangat cocok dijalankan, teruta untuk yang tinggal di wilayah pedesaan. Mengingat di wilayah tersebut masih bnayak terdapat lahan-lahan kosong yang bisa digunakan untuk lokasi kandang hewan yang ditangkarkan.

Lalu, jenis hewan apa saja yang tergolong mudah untuk ditangkarkan dan terbukti banyak menghasilkan? Berikut ini adalah daftar 6 peluang usaha ternak yang mudah dan menguntungkan untuk kalian. Mungkin salah satunya ada yang cocok untuk kalian jalankan di rumah.

    Peluang Usaha Ternak Ikan Lele

Ikan lele adalah salah satu bahan makanan yang menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Hal ini tentu menjadi suatu peluang usaha yang menguntungkan untuk para pebisnis hewan ternak.

Beberapa kelebihan ternak lele dibandingkan dengan yang lain adalah, tidak dibutuhkannya lokasi lahan yang luas. Bahkan beberapa peternak lele sukses, hanya menggunakan kubangan yang tidak begitu luas, dengan dilapisi terpal saja untuk dijadikan kolam penangkaran.

Peluang Usaha Ternak Lele

Bisnis lele juga dianggap salah satu bisnis yang tergolong cepat perputaran uangnya. Dalam jangka waktu yang tak terlalu lama, yakni sekitar 3-4 bulan saja, iklan lele yang diternak sudah bisa dipanen. Sekali panen, para peternak biasanya dapat meraup keuntungan hingga 100% dari biaya modal yang dikeluarkan untuk membeli bibit lele serta pakan.

Namun, dari beberapa pengalaman yang telah dialami oleh penulis sendiri, agar perputaran uang ini bisa berlangsung cepat seperti yang telah disampaikan, para pemilik bisnis hendaknya menyiapkan sedikit modal yang longgar untuk ketersediaan pakan. Lele pedaging yang biasa diternak, memeiliki kecenderungan kebutuhan pakan yang semakin tinggi seiring bertambahnya usia ikan tersebut. Semakin mendekati masa panen, biasanya kebutuhan pakannya juga semakin banyak. Bahkan sekaru voor pakan lele ini, bisa langsung habis dalam jangka waktu 2-3 hari saja saat ikan lele masuk di usia kisaran 3 bulan hingga masa panen.

Tapi tenang saja, modal pakan yang cukup besar itu, bisa langsung tertutup ketika lele telah dipanen, apalagi jika si ikan kondisinya sehat.

    Peluang Usaha Ternak Burung

Peluang Usaha Ternak Burung

Bisnis ternak burung juga termasuk salah satu tren bisnis yang banyak diminati oleh masyarakat, terutama mereka para pecinta burung. Hobi memelihara burung memang saat ini merupakan hobi yang paling menjanjikan. Salah satu jenis burung favorit yang banyak diternak dan terbukti menghasilkan contohnya adalah ternak burung lovebird atau yang sering juga disebut labet.

Burung lovebird memang dianggap salah satu jenis burung yang harga jualnya stabil. Setiap satu ekor burungnya bahkan bisa mencapai harga jutaan rupiah, tergantung dengan warna bulu serta skill berkicaunya. Apalagi jika si burung telah berhasil menjuarai berbagai macam kontes burung kicau, tentu harga akan semakin meroket.

Bisnis ternak burung ini bisa mulai dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar.kebutuhan pertama untuk mengawali bisnis ini umumnya adalah yang berkaitan dengan kandang, pakan dan indukan burung. Lokasi untuk penempatan kandang juga tak memerlukan ruang yang luas, fleksibel tergantung dengan kebutuhannya.

Yang terpenting untuk diperhatikan sebelum kalian terjun ke dunia burung untuk menjalankan bisnis penangkaran adalah ketelatenan dalam hal perawatannya. Jangan terlalu mengkhawatirkan tentang kurangnya pengalaman, karena saat ini sudah banyak informasi-informasi dari internet yang bisa dijadikan patokan dalam merawat burung, baik dalam hal persiapan ternak, hingga rutinitas perawatan seperti pemberian pakan, penambahan gizi dan lain sebagainya.

    Peluang Usaha Ternak Jangkrik

Bagi yang belum pernah tahu mungkin akan sedikit bingung atau bahkan tertawa mendengarnya. Jangkrik yang notabene adalah salah satu jenis serangga yang oleh sebagian orang dianggap menjijikan ini adalah salah satu  jenis bisnis ternak yang memiliki peluang untung besar.

Naiknya derajat jangkrik, hingga banyak yang membudidayakannya ini dikarenakan semakin banyaknya minat masyarakat untuk menjalani bisnis peternakan hewan. Nah, jangkrik ini dipakai untuk memberi pakan serta penambahan gizi bagi hehewan-hewan ternak tersebut. Beberapa hewan ternak yang menyukai jangkrik utnuk pakannya adalah ikan lele, belut, dan burung.

Peluang Usaha Ternak Jangkrik

    Peluang Usaha Ternak Kroto

Selain jangkrik, budidaya kroto juga merupakan peluang usaha ternak yang sama-sama menguntungkan. Sama dengan jangkrik, kroto umumnya juga digunakan untuk pakan hewan ternak atau peliharaan lain seperti burung.

Melihat peningkatan permintaan masyarakat akan ketersediaan kroto, tidak ada salahnya untuk kalian mencoba bisnis satu ini. Tak perlu persiapan yang merepotkan untuk mengawali usaha budidaya kroto ini, kalian cukup menyiapkan beberapa kotak yang digunakan sebagai wadah/kandangnya saja dan sedikit uang untuk membeli bibit kroto.

Peluang Usaha Ternak Kroto

    Peluang Usaha Ternak Ayam

Rekomendasi selanjutnya adalah bisnis ternak ayam, khususnya ayam pedaging. Bisnis ternak ayam ini sebagai salah satu jenis bisnis yang sangat menjanjikan untung besar mengingat kebutuhan masyarakat akan daging ayam sendiri juga sangat besar.

Ternak ayam pedaging, kalian tidak perlu bingung untuk menjualnya ketika panen. Karena di setiap daerah pasti sudah banyak terdapat pengepul – pengepul yang dengan senang hati akan membeli semua ayam pedaging kalian yang telah siap panen.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kenapa bisnis ini termasuk bisnis yang menguntungkan adalah faktor harga yang dinamis dan cenderung naik pada saat hari-hari tertentu misalnya hari-hari besar seperti saat perayaan idul fitri.

Namun demikian, bisnis ini tidak bisa sembarangan dijalankan tanpa persiapan yang matang, terutama dalam hal pemilihan lokasi kandang. Bisnis ternak ayam ini sangat cocok dijalankan di daerah pedesaan. Usahakan peletakan kandang jauh dari pemukiman warga, karena seperti yang kita tahu bahwa kotoran ayam bisa menimbulkan bau yang tidak sedap, apalagi kalau ayam yang kita ternak jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan, tentu akan bisa terbayangkan lagi bagaimana bau yang akan ditimbulkan. Belum lagi adanya lalat yang juga sering jadi masalah peternak dengan warga di sekitar lokasi kandang. Maka dari itu, pikirkan dahulu penempatan kandang dengan seksama sebelum memulai usaha ini.

    Peluang Usaha Ternak Kambing

Jenis hewan terakhir yang juga termasuk mudah untuk dipelihara serta menjanjikan untung yang besar adalah kambing. Kambing memang satu hewan ternak yang banyak dipilih oleh masyarakat, karena perawatan yang tergolong mudah. Alasan kenapa kambing ini termasuk jenis usaha ternak yang mudah dijalankan adalah karena tak perlu membutuhkan kandang khusus, dan pakan yang juga sangat mudah didapatkan.

Bagi kebanyakan orang terutama yang tinggal di desa, memelihara kambing dianggap layaknya sebuah kegiatan investasi uang yang paling aman dan menguntungkan. Apalagi ketika bulan haji atau yang orang jawa bisa menyebut bulan besar tepatnya menjelang hari raya ‘idhu adha kambing-kambing ini akan meroket harganya.

Nah, setelah membaca ulasan tentang 6 peluang usaha ternak yang mudah dan menguntungkan ini, menurut kalian mana yang paling mudah dijalankan? Silahkan tuliskan pendapat kalian di kolom komentar, ya! Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment for "Inilah 6 Peluang Usaha Ternak Yang Mudah Dan Menguntungkan"