Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengobati Penyakit Liver

Cara Mengobati Penyakit Liver – Penyakit liver adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang timbul akibat infeksi virus/bakteri pada hati. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini dapat mengakibatkan beragam komplikasi lain yang berakibat fatal dan berujung pada kematian bagi penderitanya.

Cara Mengobati Penyakit Liver

Namun meskipun tergolong penyakit berbahaya, cara mengobati penyakit liver tidaklah harus menggunakan obat-obatan yang harganya mahal. Disekitar anda ada beragam jenis obat-obatan alami yang juga tidak kalah ampuh untuk mengobati penyakit liver dibanding obat-obatan kimia.

apa saja obat-obatan alami tersebut ? mari kita simak bersama.

    Temulawak

Temulawak atau dalam bahasa latin disebut curcuma xathoriza adalah jenis tanaman rimpang yang berguna untuk menjaga kesehatan fungsi hati. Kandungan antioksidan curcumin dalam temulawak sangat berkhasiat sebagai anti radang atau inflamasi dan anti hepatotoksik yang baik untuk menjaga kesehatan hati. Selain itu, ekstrak temulawak juga berkhasiat dalam memperkuat sel-sel liver serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

    Bawang putih

Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga bisa anda manfaatkan sebagai obat penyakit liver. Hal ini dikarenakan bawang putih merupakan sumber dari senyawa alami seperi allicin dan selenium yang cukup berkhasiat dalam melindungi hati dari kerusakan akibat racun. Selain itu, bawang putih juga berkhasiat untuk memperbaiki fungsi hati dengan menurunkan kadar kolesterol serta trigleseria yang merupakan penyebab dari terhambatnya fungsi hati.

    Lemon

Buah lemon adalah sumber antioksidan D-Limonene yang bermanfaat dalam proses detoksifikasi. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam buah lemon juga berkhasiat untuk menguatkan enzim-enzim liver yang pada akhirnya akan memudahkan kinerja hati itu sendiri. penguat enzim liver yang dimaksudkan disini ialah protein dan asam sitrat yang dikandung oleh buah lemon

    Daun sambiloto

Sambiloto adalah jenis tanaman herbal yang juga berkhasiat untuk mengobati penyakit liver. Tanaman ini mengandung zat zatandroghaploid yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa meramu tanaman ini dengan cara merebus daunnya yang sudah kering sampai mendidih, kemudian bisa ditambahkan gula merah agar rasanya lebih enak untuk diminum. Untuk hasil terbaik, anda dianjurkan untuk meminum ramuan daun sambiloto rutin setiap hari.

    Kunyit

Kunyit adalah tumbuhan rempah-rempah yang biasanya digunakan sebagai pewarna atau penyedap masakan. Disamping itu, kunyit juga baik untuk digunakan sebagai obat penyakit liver. Alasannya ialah kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit adalah senyawa penting yang mampu mengobati penyakit liver. Adapun mengenai cara penggunaan kunyit sebagai obat penyakit liver ialah dengan cara membuatnya menjadi jamu kunyit asam.

    Alpukat

Kabar baik bagi anda yang gemar atau suka mengkonsumsi jus alpukat. Karena, anda secara tidak langsung telah menjaga kesehatan fungsi hati dari racun-racun berbahaya. Senyawa glutathione yang terkandung dalam alpukat merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh hati dalam rangka pembersihan racun, juga, kandungan vitamin dan minerlnya dapat membantu menghancurkan lemak.

    Brokoli

Brokoli secara alami berkhasiat untuk membantu membersihkan hati dari zat-zat atau racun berbahaya. Sayuran ini adalah sumber senyawa glucosinolates yang dapat membantu menghancurkan racun dalam tubuh. Mengkonsumi sayuran ini juga akan membantu memperbaiki fungsi hati karena adanya kandungan vitamin E yang juga terdapat di dalamnya.

    Apel

Dibalik rasanya yang enak, apel ternyata merupakan sumber terbesar dari karbohidrat kompleks alami yang disebut pektin (pectin), yang bermanfaat untuk membantu membuang racun dan kolesterol dari dalam darah. Selain itu, buah ini juga mengandung asam matat yang berfungsi untuk membersihkan darah secara alami serta menghilangkan karsinogen dalam darah.

    Anggur

Selain apel, buah lain yang juga mengandung pektin adalah buah anggur. Dengan begitu, tentunya buah ini juga baik untuk digunakan dalam pengobatan penyakit liver. Bahkan jika boleh membandingkan antara kedua buah ini dalam hal kemampuan mengobati penyakit liver, maka tidak berlebihan kalau menyebut buah anggur lah yang lebih mendukung. Sebabnya ialah karena buah anggur memiliki lebih banyak kandungan vitamin dan antioksidan yang bermanfaat dalam pengobatan penyakit liver. Beberapa kandungan yang terdapat dalam buah anggur yang terbukti bermanfaat untuk mengobati liver ialah vitamin C, glutathione, naringenin flavonoid dan pektin.

    Buah kenari

Buah kenari terkenal dengan kandungan omega-3, asam lemak dan glutathione yang bermanfaat dalam proses pembersihan hati. Selain itu, buah kenari juga mengandung asam amino l-arginin yang berkhasiat dalam proses detoksifikasi hati.

    Green tea

Bagi anda yang gemar mengkonsumsi alkohol, berhati-hatilah dengan risiko penyakit liver. Jika tidak segera dikurangi atau dihentikan, lambat laun kebiasaan mengkonsumsi alkohol tersebut akan menyebabkan kerusakan pada hati anda. Hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghambat timbulnya penyakit liver akibat alkohol adalah dengan rutin meminum green tea setiap hari. Beberapa kandungan dalam green tea dipercaya berkhasiat untuk melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh minuman beralkohol. Disamping itu, mengkonsumsi green tea juga akan membantu membuang lemak dan racun yang ada dalam tubuh anda.

    Umbi Bit

Manfaat dari umbi bit ini adalah sangat baik untuk membersihkan serta menjaga fungsi organ hati pada tubuh manusia. Kandungan Flavanoid dan beta Karotin yang ada pada ubi Bit juga bermanfaat besar bagi kesehatan. Kedua senyawa yang tersebut diatas bisa menjadi satu perangsang fungsi hati, selain itu proses detoksi yang terjadi karena kedua senyawa tersebut juga bisa menjadi pembersih dan pemurnian darah dari segala zat berbahay yang mengalir di dalam darah.

    Buah Kenari

Dalam buah kenari dipercaya mengandung zat asam amino yang mana kandungan ini dapat membantu kelancara proses detoksifikasi yang ada pada hati. Proses pembersihan hati dari zat-zat berbahaya juga akan tercipta karena adanya kandungan asam lemak omega-3, dan glutathione di dalam buah kenari.

    Daun Pegangan

Bagi sebagian orang mungkin akan sedikit bingung mendiskripsikan jenis tanaman satu ini. Karena meskipun sebenarnya tanaman ini mudah ditemui, terutama di lokasi yang lmebab. Namun, kebanyakan orang masih belum tau bentuk dan nama dari tanaman tersebut. Daun pegangan atau yang dalam istilah ilmiah disebut Centella asiatica mengandung begitu banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh kita, diantaranya adalah Brahmic acid, brahminoside, madecassoside, thankuniside, isothakuniside, asiaticoside, brahmocide, brahmic acid, meso-inositol, madasiatic acid, carotenoids, centellose, natrium, kalium, magnesium besi, kalsium, vllering, zat samak, dan masih banyak yang lainnya.

Banyak sekali manfaat daun pegangan bagi kesehatan, mulai dari anti lepra, pecegahan dan pengobatan hepatitis, dan juga untuk peningkatan dan menguatkan sel hati. Lebih dari itu, daun pegangan juga bisa mempercepat kembali pertumbuhan sel liver yang mengalami kerusakan dan merekondisi sel liver untuk dapat kembali sehat. Nah, inilah mengapa daun pegangan menjadi salah satu tumbuhan alternatif untuk mengobati penyakit liver.

Post a Comment for "Cara Mengobati Penyakit Liver"