Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Untuk Gigi dan Kesehatan Tubuh

9 Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Untuk Gigi dan Kesehatan Tubuh - Manfaat Berkumur Dengan Air Garam – Selain menjadi bumbu dapur yang wajib ada di setiap menu masakan, garam juga terbukti menyimpan beribu manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Air garam sendiri adalah sebuah larutan yang didalamnya terkandung senyawa ionik yang terbentuk dari adanya ion positif serta negatif yang menghasilkan senyawa netral, oleh karena itu banyak ahli di bidang kesehatan yang telah mengklaim bahwa air garam sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat air garam

Efek positif yang dihasilkan oleh air garam untuk tubuh ini dibuktikan dengan ditemukannya banyak kandungan gizi seperti sodium, sulfat, magnesium potasium, kalsium, dan lain sebagainya. Kandungan-kandungan gizi itulah yang menjadikan garam menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menjaga kebugaran tubuh.

9 Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Untuk Gigi dan Kesehatan Tubuh

Untuk mengetahui apa saja khasiat dari air garam, berikut ini mari kita ulas bersama-sama 9 manfaat air garam untuk kesehatan tubuh manusia.

    Membersihkan aliran darah dalam tubuh

Ada sebuah anggapan yang beredar di masyarakat luas bahwa garam merupakan salah satu jenis mineral yang menjadi penyebab darah tinggi. Namun, dibalik itu semua garam juga menyimpan satu manfaat yang begitu besar bagi tubuh terutama untuk aliran darah, karena air garam terbukti menjadi satu larutan yang ampuh untuk membersihkan aliran darah di dalam tubuh. Garam akan berperan sebagai pemurni darah dengan membunuh bakteri-bakteri serta mendetoksifikasi racun atau zat berbahaya yang ada di dalam organ tubuh manusia.

    Penawaran Racun/zat berbahaya dalam tubuh

Detoksifikasi bisa juga diartikan sebuah proses pembuangan racun, bakteri atau zat berbahaya lainnya yang ada di dalam tubuh manusia. Air garam sudah terbukti efektif untuk memberikan perlawanan terhadap serangan-serangan zat berbahaya yang ada dalam tubuh dan mengalir melalui peredaran-peredaran darah.

Manfaat air garam untuk kesehatan

    Membersihkan saluran pencernaan

Saluran pencernaan yang tidak terjaga kebersihannya akan menyebabkan beberapa keluhan atau gangguan pencernaan seperti halnya siare, sembelit, wasir, dan lain sebagainya. Nah, salah satu cara untuk menjaga kebersihan sistem atau saluran pencernaan ini kita bisa menggunakan cara sederhana dan dengan bahan yang sederhana pula, yakni dengan air garam.

    Mencegah dehidrasi

Dehidrasi yang terjadi pada manusia umumnya disebabkan karena aktivitas fisik yang berlebihan dan tidak diimbangin dengan asupan mineral yang cukup dalam tubuh. Selain itu dehidrasi atau kekurangan cairan juga bisa terjadi karena gangguan pencernaan seperti diare, atau saat kita (maaf) muntah. Dalam kondisi seperti itu, tentu akan banyak cairan tubuh yang terbuang. Nah, larutan air garam ini sangat ampuh untuk dijadikan pertolongan pertama bagi para penderita dehidrasi, karena kandungan ion yang ada di dalamnya cukup besar. Dengan begitu tubuh yang lemas ketika kekurangan cairan akan sedikit demi sedikit membaik karena ion tubuh yang hilang sudah terganti dengan ion yang didapatkan dari air garam tersebut.

    Menjaga kestabilan tekanan darah

Tidak salah memang jika garam ini dianggap menjadi penyebab naiknya tekanan darah dalam tubuh. Namun demikian, dalam takaran yang pas sebenarnya garam justru mampu untuk kita gunakan sebagai pengendali tekanan darah. Terlebih jika kita termasuk yang memiliki tekanan darah cenderung rendah. Ketika darah kita drop sehingga membuat tubuh lemas lunglai, kepala berkunang-kunang, dengan meminum air garam tekanan darah dalam tubuh kita akan kembali ke kondisi normal dan stabil seperti sediakala.

Bagi yang tekanan darahnya cenderung tinggi, hendaknya untuk berhati-hati dalam penggunaan garam ini. Karena senyawa dalam garam sifatnya memang menaikkan tekanan darah, jadi lebih cocok untuk digunakan bagi kita yang berbakat darah rendah.

    Memulihkan sistem saraf yang terganggu

Bukan hanya untuk dikumur-kumur atau diminum saja, berendam air garam juga menjadi salah satu alternatif ampuh untuk memperbaiki sistem syaraf dalam tubuh kita, lho!

Coba saja untuk mencampurkan garam kedalam sebuah wadah yang berisi air hangat. Lalu, rendam kaki ke dalam wadah berisi air garam hangat tadi. Maka, sensasi seperti sedang dipijat refleksi akan terasa di kaki kita yang terndam air garam tadi. Cara ini dapat membantu pemulihan sistem urat syaraf kita yang kondisinya melemah. Selain itu, berendam air garam juga dapat menyembuhkan kita yang memiliki gangguan insomnia.

    Menghilangkan jerawat dan mencerahkan kulit wajah

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh saja, garam juga banyak dimanfaatkan untuk melakukan perawatan tubuh terutama pada bagian wajah. Berbagai macam layanan kecantikan juga menggunakan garam sebagai media terapinya. Kandungan mineral yang ada pada garam inilah yang digunakan untuk membunuh kuman-kuman penyebab jerawat di wajah. Selain itu, aktivitas detoksifikasi yang dilakukan oleh senyawa yang ada pada garam juga akan membantu membersihkan wajah dari kotoran serta bakteri yang melekat.

Manfaat air garam untuk membersihkan jerawat

Cara pengaplikasian garam utnuk dijadikan pembersih wajah dan penghilang jerawat ini sukup mudah untuk dilakukan. Buat saja rutinitas setiap pagi hari dan setiap akan beranjak tidur, sempatkan sedikit waktu untuk membasuh muka dengan menggunakan segelas air yang telah dicampuri dengan satu sendok the garam.

    Memutihkan Gigi

Selain wajah, gigi adalah salah satu aset yang dimiliki manusia. Disebut aset karena, jika terjadi gangguan pada gigi ini maka semua pekerjaan yang kita lakukan tentu akan berantakan hasilnya. Nah, untuk itu sangat penting bagi kita untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi.

Salah satu cara alami yang dapat dengan mudah kita lakukan adalah dengan cara berkumur air garam 2x dalam sehari. Seperti yang telah beberapa kali kita sebutkan bahwa fungsi utama dari garam adalah membunuh kuman dan bakteri serta mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh, maka sangat besar manfaat yang akan kita rasakan dengan berkumur air garam ini, terutama untuk kesehatan gigi.

Manfaat air garam untuk memutihkan gigi

Dengan rutinitas tersebut sudah dapat dipastikan, kalian akan mendapatkan gigi yang putih, bersih, sehat dan terbebas dari kuman penyebab gangguan-gangguan pada gigi.

    Obat sakit tenggorokan

Di poin sebelumnya telah kita sampaikan bahwa garam juga dapat membantu menjaga saluran pencernaan, salah satunya adalah tenggorokan. Tak hanya menjaga saja, garam juga bisa kita gunakan sebagai obat untuk mengobati gangguan yang terjadi pada saluran pencernaan, khususnya pada tenggorokan.

Proses penyembuhan yang dilakukan dengan garam masih sama dengan sebelumnya, dimana garam akan bekerja membunuh kuman-kuman serta bakteri yang menjadi penyebab timbulnya penyakit pada tenggorokan. Pada beberapa kasus, gangguan tenggorokan yang terjadi akibat kuman ini bahkan sampai menimbulkan luka. Nah untuk itulah, alternatif pengobatan alami dengan air garam ini kita butuhkan, demi mempercepat proses pemulihan luka.

Caranya sederhana saja,siapkan segelas air putih (200ml) bisa hangat bisa juga biasa, lalu campurkan ke dalamnya satu sendok teh garam dan minum setidaknya 3x dalam sehari hingga sakit tenggorokan sembuh.

Nah, itulah tadi 9 manfaat berkumur dengan air garam yang ternyata sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Tak ada salahnya jika kita merutinkan terapi garam ini agar tubuh tetap fit dan terhindar dari segala macam penyakit.

Post a Comment for "9 Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Untuk Gigi dan Kesehatan Tubuh"